Sabtu, 17 Januari 2009

profesional IT

Kompetensi bisnis dalam profesional IT didefinisikan sebagai sekumpulan pengetahuan bisnis dan
hubungan interpersonal dan keahlian yang dimiliki oleh profesional IT yang memungkinkan mereka
memahami domain dari bisnis, berbicara bahasa bisnis, serta berinteaksi dengan rekan bisnis mereka.
Kompetensi ini mencerminkan pemahaman mengenai bisnis dalam setiap dimensinya dan
menggambarkan kepandaian bisnis profesional IT yang akan mempengaruhi pendekatan mereka dalam
memberikan solusi IT.

A Brief Note on Types of Knowledge and Skills
Pengetahuan sebagai indikator kunci dari kompetensi memiliki 2 jenis, yaitu:
• Pengetahuan eksplisit adalah pengetahuan formal yang dapat dikirimkan secara jelas
menggunakan bahasa yang sistematis. Pengetahuan ini sering dipandang spesifik pada suatu
domain tertentu.
• Pengetahuan implisit adalah pengetahuan yang diperoleh berdasarkan pengalaman, yang
mendasari kemampuan dan potensi yang mendukung perolehan dan penggunaan pengetahuan
tersebut. Pengetahuan ini fokus pada perilaku dan dapat dihubungkan dengan konsep lainnya
seperti “mengetahui-bagaimana” dan keterampilan. Keterampilan adalah kemampuan untuk
menunjukan sekumpulan perilaku dan proses yang berhubungan dan mencerminkan kemampuan
memiliki informasi.
Kedua jenis pengetahuan tersebut mencakup 3 faktor yang ditemukan dalam kompetensi dari profesional
IT. Faktor-faktor tersebut yaitu pengetahuan, kemampuan dan keterampilan. Framework yang
dikembangkan dalam penelitian ini meliputi ketiga faktor tersebut.
Scope of the Competence Construct
Framework yang dikembangkan mencerminkan populasi umum dari profesional IT. Karena profesional IT
banyak yang terlibat dalam proyek yang berada pada area fungsional yang berbeda, maka dikembangkan
framework kompetensi profesional yang lebih luas. Dalam hal ini, kompetensi dipandang sebagai hal yang
tidak rutin, termasuk kemampuan untuk mengatasi hal yang kompleks dan lingkungan yang berubahubah.
Developing a Framework for Business Competence
Hal yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi sekumpulan pengetahuan dan
keterampilan yang membentuk kompetensi bisnis dan memungkinkan profesional IT untuk
mengembangkan kolaborasi yang lebih baik dengan rekan bisnisnya. Taksonomi kompetensi bisnis yang
dikembangkan pada paper ini merupakan gabungan antara seluruh kompetensi yang telah disarankan
pada literatur lain sebelumnya dan pengembangan batasan taksonomi yang dikembangkan disini.
Taksonomi yang diajukan dalam paper ini meliputi 7 area spesifik dari pengetahuan yang dimasukkan ke
dalam dua kelompok, yaitu pengetahuan dalam konteks organisasi yang spesifik serta pengetahuan
manajemen dan hubungan interpersonal.

Influence on IT-Business Partnerships
Kompetensi bisnis profesional IT mempunyai pengaruh terhadap hubungan bisnis. Dengan tingkat
kompetensi bisnis yang lebih tinggi, profesional IT akan cenderung untuk masuk dalam kerjasama dengan
klien bisnis mereka dan diharapkan akan mempengaruhi kolaborasi diantara profesional IT dan klien
bisnisnya. Kompetensi ini akan memberikan profesional IT pemahaman yang dibutuhkan dengan orang
bisnis. Ketika kompetensi dalam domain klien tersebut kurang, kualitas layanan yang diberikan oleh
profesional IT juga akan menurun.

Tidak ada komentar: